lizaaryani

life is beautifull

Kamis, 17 Maret 2011

Cloud computing (Prediksi yang paling spektakuler 5 tahun mendatang)

Cloud computing menjadi perdiksi saya akan mengalami perubahan yang spektakuler dalam 5 tahun kedepan. Mungkin masyarakat awam bahkan orang yang berkecimpung dalam dunia IT pun masih "tabu" dengan Cloud Computing ini. Sebelum saya menjabarkan lebih jauh tentang apa itu cloud computing dan cara kerjanya, pertama saya akan menjelaskan pengertian cloud computing itu sendiri.

Apa yang dimaksud dengn Cloud Computing?
Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer atau komputasi dan pengembangan berbasis internet. Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

Perkembangan IT saat ini menuju dengan konsep-kosenp social networkingnya, openess, share, colaborations, mobile, easy maintenance, one click, terdistribusi / tersebar, scalability, Concurency dan Transparan, Saat ini terdapat trend teknologi yang masih terus digali dalam penelitian-penelitian para pakar IT di dunia, yaitu Cloud Computing. Akses data dari mana saja dan menggunakan perangkat fixed atau mobile device menggunakan internet cloud sebagai tempat menyimpan data, applications dan lainnya yang dapat dengan mudah mengambil data, download applikasi dan berpindah ke cloud lainnya, hal ini memungkinkan kita dapat memberikan layanan aplikasi secara mobile di masa depan. Trend ini akan memberikan banyak keuntungan baik dari sisi pemberi layanan (provider) atau dari sisi user.

Ada beberapa keuntungan yang dapat dilihat dari perkembangan Cloud Computing ini, seperti:
  1. Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya
  2. Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat.
  3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena sistem pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  4. Menjadikan koloborasi yang terpecaya dan lebih ramping.
  5. Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.
Bagaimana cara kerja cloud computing?
Cloud computing memanfaatkan jaringan sebagai sarana untuk terhubung pengguna untuk sumber daya yang berbasis di cloud, sebagai lawan untuk benar-benar memiliki mereka. cloud ini dapat diakses melalui Internet atau jaringan perusahaan, atau keduanya. layanan cloud mungkin dirancang untuk bekerja sama baiknya dengan Linux, Mac, dan platform Windows. Dengan smartphone dan tablet meningkat, layanan awan telah berubah untuk memungkinkan akses dari perangkat yang terhubung ke Internet, memungkinkan pekerja akses seluler, seperti di telecommuting, dan memperluas jangkauan layanan bisnis yang disediakan oleh outsourcing.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka diharapkan semua orang dapat mengimbangi teknologi yang akan datang, baik itu untuk teknologi seperti cloud computing, dan juga teknologi lainnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda