lizaaryani

life is beautifull

Minggu, 11 Oktober 2009

Hubungan Programmer dengan Pancasila

Programmer adalah orang yang pekerjaannya membuat program atau aplikasi untuk digunakan sebagai alat bantu manusia dalam mengerjakan rutinitas yang bersifat monoton atau berulang-ulang dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Arti programmer disini hanya sebatas di bidang pemrograman, namun jika masuk di bidang lain, maka artinya sudah tidak cocok lagi. Jadi, programmer pun manusia biasa yang membutuhkan sosialisai dengan manusia lain tanpa terlepas dari sifat-sifat yang dimilki manusia pada umumnya. Namun, seorang programmer memilki kemampuan lebih untuk bias membuat program atau apliaksi yang bisa diterjemahkan oleh mesin (komputer). Program atau aplikasi bias digunakan untuk membantu mempercepat rutinitas pekerjaan manusia atau bahkan sebaliknya, bias pula membuat kacau pekerjaan manusia. Namun, sebaiknya programmer disini diarahkan ke hal-hal bersifat positif. Programmer mempunyai beberapa hubungan dengan ideologi negara kita, yaitu pancasila.

1. Hubungan Programmer dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa.

Programmer membuat program atau applikasi tidak bertentangan dengan sila pertama pancasila, yaitu ketuhanan yang maha esa. Seperti membuat applikasi yang memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa kepada orang lain sehingga memojokan agama yang lainnya.

2. Hubungan Programmer dengan sila kedua Kemanusiaan yang Adil dan beradab.

Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa.
Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa menbeda-bedakan suku,keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin,kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.

Programmer dapat membuat program atau applikasi yang mengikuti norma-norma yang berlaku, tidak membeda-bedakan satu dengan yang lainnya.

3. Hubungan Programmer dengan sila ketiga Persatuan Indonesia.

Programmer dapat membuat applikasi yang dapat membangun, membuat masyarakat indonesia bersatu dalam hal apa saja. Misalnya applikasi yang digunakan untuk pendidikan di negara kita ini.

4. Hubungan Programmer dengan sila keempat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Ada pihak-pihak tertentu yang menyalahgunakan profesi yang ditekuninya. Misalnya membuat situs/program yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5.
Hubungan Programmer dengan sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Sikap adil tehadap sesama manusia memang sangat penting. Yang telah dijelaskan diatas bahwa kita tidak boleh membeda-bedakan orang lain.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda