lizaaryani

life is beautifull

Senin, 05 Oktober 2009

Peran Mahasiswa dalam meningkatkan wawasan kebangsaan

Setiap profesi pasti memiliki peran masing-masing, begitu juga dengan kita para mahasiswa yang memiliki perannya sendiri. Dalam meningkatkan wawasan kebangsaanpun mahasiswa harus berperan, karena kita para mahasiswa adalah generasi penerus bangsa. Identitas, peran dan kepeloporan Mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara hanya akan efektif apabila memiliki kesadaran yang tinggi serta pengetahuan yang memadai atas masaalah2 kebangsaan dan kenegaraan . Diharapkan Generasi Muda/Mahasiswa Sulut mampu melahirkan Elit2 Sejati yang secara berani, benar dan konsisten merefleksikan wawasan kebangsaannya untuk membaharui, membangun dan mempersatukan potensi daerah/bangsa menuju cita2 reformasi. Pemerintah pasti menyadari pentingnya peranan pemuda. Banyak semboyan pemerintah membesarkan nama dan memberi penghargaan peranan pemuda di antaranya: pemuda harapan bangsa, di tangan pemuda masa depan bangsa, pemuda ialah pemegang tongkat estapet kepemimpinan bangsa masa depan, ingin merebut masa depan yang cemerlang peranankanlah pemuda dan rebut kekuatan mereka.

Pemuda itu konsep. Sebagai sebuah konsep kata pemuda punya beban. Beban kata pemuda dapat dirasakan dalam fungsi dan peranan pemuda seperti yang terkandung dalam semboyan pemerintah tadi, yakni beban itu di pundak pemuda masa depan bangsa yang lebih cemerlang. Artinya tanpa peranan pemuda masa depan bangsa suram.

Contoh pertama: 

Peranan mahasiswa dalam meningkatkan pendidikan yang masih kurang. Banyak teman-teman kita diluar sana yang tidak bisa merasakan bangku sekolah dikarenakan banyak hal, misalnya saja faktor biaya. Kita bisa membantu mereka dengan cara mengajari mereka ilmu pengetahuan yang telah kita dapat yang belum mereka dapatkan. Dengan begitu kita bisa menyelamatkan generasi penerus bangsa.

Contoh kedua:

Peranan mahasiswa dalam memberantas narkoba. Sedih rasanya kalau melihat teman-teman kita menjadi pecandu narkoba. Kita sebagai penerus bangsa harus dapat mencegah dan memberantas narkoba itu. Kita juga harus dapat menjaga diri kita agar tidak terjerumus ke lubang hitam itu. Akibat yang ditimbulkan merugikan diri sendiri, keluarga dan bangsa. Apa jadinya bangsa kita ini kalu pemuda Indonesia terjerat barang haram itu???

Mahasiswa atau pemuda Indonesia sangat berperan penting dalam kesejahteraan negara Indonesia ini.

2 Komentar:

Pada 17 Oktober 2009 pukul 11.00 , Blogger i-tech.ac.id/dhanny mengatakan...

peranan mahasiswa sangat perlu untuk bangsa indonesia.karena akan menjadi kader-kader penerus bangsa.siapa lagi kalau bukan mereka yang menjadi penerus bangsa indonesia??

 
Pada 22 September 2010 pukul 16.42 , Blogger asu mengatakan...

Wah...thanks dah bisa membantu saya dalam kerjain tugas makalah..he...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda